Kegiatan Santri

Pendampingan Qiyamul Lail

Pendampingan dalam rangka pembiasaan beribadah, shalat berjamaah, shalawat, pembacaan surat Yasin, tahlil, dan istighosah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Termasuk di dalamnya yang sangat amat penting adalah pendampingan pembiasaan Qiyamul Lail untuk sholat tahajjud dan berdo’a menjelang waktu Shubuh sebagai upaya pendekatan diri kepada Allah SWT “Sang Pemilik Derajat”, sehingga santri mempunyai kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual.

Tafsir Al Qur’an Al Maudhu’i

Pembelajaran Tafsir Al Qur’an Al Maudhu’i (tematik) merupakan pembelajaran dengan konsentrasi keilmuan santri dapat membaca Al Qur’an secara tartil, memiliki kemampuan terjemah, dan memahami kandungan makna dari ayat-ayat Al Qur’an secara tematik.

Bahasa Arab dan Inggris

Pembiasaan berbahasa Arab dan Inggris dalam aktivitas sehari-hari untuk memberikan keterampilan dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan Arab sehingga santri mampu berinteraksi dengan masyarakat luas di dalam dan luar negeri.

Dakwah

Merupakan salah satu program pembinaan keterampilan dalam beretorika agar cakap dan terampil dalam menyampaikan pendapat, berpidato, presentasi, maupun menjadi narasumber. 

Kepemimpinan

Materi Kepemimpinan menjadi bagian dari kegiatan santri untuk menggali dan menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan setiap individu santri, seperti: sikap disiplin, berani, tangkas, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya sehingga muncul kader-kader pemimpin yang cerdas dan berwawasan keislaman serta kebangsaan.

Disiplin dan Cinta Tanah Air

Pembentukan perilaku disiplin dan membekali santri dengan gerakan cinta lingkungan, gotong royong, kerja bakti, dan kesamaptaan, untuk mempersiapkan generasi yang tangkas dengan jiwa patriotisme keindonesiaan.